10 Makanan Tradisional Yang Pastinya Membuat Kalian Ngiler!

Berikut ini adalah 10 Makanan Tradisional Yang Pastinya Membuat Kalian Ngiler!

1.    SATE LILIT.

Sate yang satu ini memang memiliki tidak sedikit keistimewaan. Di samping tusukannya yang diciptakan dari batang serai yang meningkatkan sedap aromanya, sate lilit Bali diciptakan dari daging ikan yang dicincang halus dan dibumbui dan dililitkan ke batang serai. Sate lilitpenuh bumbu dan dibaur dengan parutan kelapa, sampai-sampai rasanya gurih dan aromanya menggugah selera.

Rasa Sate Lilit sendiri paling khas, yaitu pedas, wangi, manis dan gurih. Hmm…, di samping lezat sate lilit pun sehat, sebab rendah lemak dan diciptakan dari ikan.

2.     GUDEG YOGYAKARTA.

Sejak puluhan tahun kemudian gudeg sudah menjadi kuliner Jogja sangat populer. Tak melulu sentra gudeg, nyaris setiap sudut kota menyajikan masakan berbahan baku nangka muda ini. Gudeg kering juga menjadi di antara oleh-oleh yang paling tidak sedikit dicari dan menjadi khas dari Yogyakarta.

3.    RENDANG.

Rendang (bahasa Minang: Randang) ialah salah satu masakan tradisional Minangkabau yang memakai daging dan santan kelapa sebagai bahan utama dengan kandungan bumbu rempah-rempah yang kaya. Masakan dengan citarasa yang pedas ini disukai oleh semua kalangan masyarakat, dan bisa ditemukan di semua Rumah Makan Padang di Indonesia, Malaysia, ataupun di negara lainnya. Masakan ini kadang lebih dikenal dengan nama Rendang Padang, sebenarnya rendang adalahmasakan khas Minang secara umum.

4.    GADO-GADO.

Gado-gado ialah salah satu makanan yang berasal dari Jawa yang berupa sayur-sayuran yang direbus dan dibaur jadi satu, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Sedikit melinjo goreng atau kerupuk (adapun yang menggunakan kerupuk udang) pun ditambahkan.

Gado-gado bisa dimakan begitu saja laksana salad dengan bumbu/saus kacang, tapi pun dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang pun disajikan dengan lontong.

5.    NASI KUNING.

Nasi kuning ialah makanan khas Indonesia. Makanan ini tercipta dari beras yang dimasak bareng dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning mempunyai rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Nasi kuning ialah salah satu variasi dari nasi putih yang sering dipakai sebagai tumpeng. Nasi kuning biasa disajikan dengan beragam lauk-pauk khas Indonesia. Dalam tradisi Indonesia warna nasi kuning menggambarkan  gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab tersebut nasi kuning tidak jarang disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira laksana kelahiran, pernikahan dan tunangan. Dalam tradisi Bali, warna kuning ialah salah satu dari empat warna keramat yang ada, disamping putih, merah dan hitam. Nasi kuning oleh karena tersebut sering dijadikan sajian pada upacara kuningan.

6.    PECEL LELE.

Pecel lele (atau Pecek lele) di Indonesia ialah nama suatu makanan yangtercipta dari ikan lele. Biasanya yang dimaksud ialah ikan lele yang digoreng kering dengan minyak dan kemudian disajikan dengan sambal lalapan. Lalapan biasa terdiri dari kemangi, kubis, ketimun, kacang panjang dan sambal

7.    SIOMAY.

Dalam masakan Indonesia terdapat sekian banyak  jenis variasi siomai menurut daging guna isi, mulai dari siomai ikan tenggiri, ayam, udang, kepiting, atau gabungan daging ayam dan udang. Bahan guna isi dibaur dengan sagu atau tapioka. Siomai pun tidak lagi dibalut dengan kulit dari tepung terigu. Telur ayam dan sayuran laksana kentang, peria, dan kubis dengan isi atau tanpa isi pun dihidangkan di dalam satu piring bersama-sama siomai. Tahu bakso (tahu isi) pun termasuk ke dalam jenis siomai. Siomai (siomai bandung) dihidangkan setelah diguyur saus kacang yang diciptakan dari kacang tanah yang dihaluskan dan diencerkan dengan air. Bumbu guna saus kacang antara beda cabai, gula pasir, bawang putih, garam dapur, dan cuka atau jeruk limau. Sewaktu disajikan, siomai dapat diberi ekstra kecap manis, sambal botol, atau saus tomat.

8.    BAKSO.

Bakso atau baso ialah jenis bola daging yang sangat lazim dalam masakan Indonesia.Bakso umumnya diciptakan dari gabungan daging sapi giling dan tepung tapioka, akan namun ada pun baso yang tercipta dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso lazimnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dibaur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso paling populer dan bisa ditemukan di semua Indonesia; dari gerobak saudagar kaki limasampai restoran. Berbagai jenis bakso sekarang tidak sedikit di tawarkan dalam format makanan beku yang dipasarkan di pasar swalayan dan mall-mall. Irisan bakso dapat pun dijadikan pelengkap jenis makanan lainlaksana mi goreng, nasi goreng, atau cap cai

9.    NASI GORENG

Nasi goreng baik di Indonesia maupun di negara-negara beda dapat mempunyai variasi tersendiri tergantung dari wilayah asal dan bumbu atau bahan yang digunakan. Variasi ini seringkali dipengaruhi oleh bahan makanan yang biasa dipakai masyarakat setempat dan pengaruh ramuan bumbu dari negara tetangga, ataupun pengaruh kebiasaan etnik asing bawaan yg datang ke negara tersebut, bahkan diwaktu presiden Barack Obamaberangjangsana di Indonesia sempat menyantap Nasi Goreng khas iIndonesia.

10. Aunu Senebre.

Makanan khas Papua ini gampang ditemukan di Papua. Makanan ini ialah olahan dari ikan teri nasi yang digoreng, lalu dibaur dengan daun talas dan kelapa kemudian proses terakhirnya dikukus.

Mungkin makanan-makan diatas melulu sedikit dari masakan Nusantara yang mendunia. Kita patut menyukai Indonesia dengan segala kebiasaan kulinernya yang bahkan mendunia.

Sumber Agent88Bet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *